Usai Inggris Keluar dari UE, Intelijen Uni Eropa: Bisa Buka Celah Ancaman Terorisme

oleh -37 views
Europol (Twitter)

JAKARTA-Inggris tidak akan lagi memiliki akses ke banyak database penting untuk memerangi kejahatan transnasional dan terorisme, setelah resmi keluar dari Uni Eropa pada Jumat (1/1/2020).

Sejauh ini kesepakatan Brexit dengan badan keamanan dan regulator Eropa gagal mencapai kesepakatan tentang penggunaan kumpulan data UE. Situasi tersebut, menurut pejabat intelijen UE, akan memaksa pejabat keamanan di kedua sisi bekerja lebih keras dan kurang efisien.

Khususnya dalam keperluan pemeriksaan nama, paspor, riwayat perjalanan, catatan kriminal, dan alat investigasi lainnya, untuk melacak tersangka yang bergerak di sekitar Eropa dan antara Uni Eropa dan Inggris.

“Sistem Schengen sendiri diakses lebih dari 500 juta kali setahun oleh pejabat Inggris. Tetapi besok rata-rata 1,6 juta permintaan informasi harian akan berhenti dan pejabat Inggris akan dipaksa mengumpulkan semua informasi dari sumber lain,” kata Pejabat Senior Anti-terorisme Belgia.

“Informasi ini pasti dapat ditemukan, tetapi tujuan dari sistem dan basis data ini adalah kecepatan dan pengelolaan yang tepat dari aliran informasi yang sangat besar.

” Sistem Schengen” mengacu pada 26 negara Eropa, yang telah menghapus semua kontrol perbatasan.

Brexit akan merugikan penyelidikan dan pencegahan kejahatan terorganisir dan terorisme, kata pejabat keamanan, yang karena tugasnya tidak memungkinkan berbicara secara terbuka kepada media, melansir Business Insider pada Kamis (31/12/2020).

Dua pejabat senior anti- terorisme Eropa juga mengatakan tidak dimasukkannya aturan terkait akses ke sistem Europol, sebagai kegagalan perjanjian Brexit Inggris.

Padahal itu penting untuk melacak buronan dan surat perintah penangkapan internasional. Kondisi saat ini dikhawatirkan akan merugikan penyelidikan, dan pencegahan kejahatan terorganisir dan terorisme sampai kesepakatan baru tercapai. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.