Tekad Camat Kapetakan Udin Kaenudin Bangun Kampung Tradisi hingga Desa Adat

oleh -66 views

POLITIK-Setelah dilantik secara resmi oleh Bupati Cirebon H Imron, untuk menduduki jabatan Camat Kapetakan, R Udin Kaenudin pun langsung menyusun beberapa program unggulan yang akan dijalankan selama menjadi Camat.

Ditemui di ruang kerja, Kamis (22/7/2021). Udin mengaku bakal mewujudkan Kecamatan Kapetakan sebagai salah satu daerah atau kampung tradisi, yang mana secara sejarah, Kapetakan memiliki histori yang cukup kuat dalam perkembangan Cirebon pada saat itu.

“Berdasarkan sejarah, pantai Bungko yang membentang dari Karangreja (Suranenggala) sampai Kerangkeng (Indramayu) adalah salah satu saksi sejarah pada saat jaya nya pelabuhan muara jati yang sempat di singgahi oleh Laksamana Cheng hoo,” ujar Udin.

Dikatakan Udin, dari sejarah itulah dirinya berkeinginan untuk membangun Kapetakan dari desa Bungko, yang mana dua desa di Bungko yakni Bungko lor dan Bungko akan dijadikan desa adat, dan untuk menjadi desa adat ini, pihaknya akan segera menggandeng pihak terkait untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kedepan Pantai Bungko yang terlihat gersang akan kami upayakan untuk ditanami mangrove, agar bisa jadi salah satu objek wisata kebanggan warga Kapetakan,” ujar Udin.

Selain itu, lanjut Udin, pihaknya juga akan segera melakukan rekonstruksi adat dan tradisi serta kesenian asli Kapetakan yang sekarang sudah mulai terkikis oleh zaman.

“Ada sekitar 35 lebih adat, tradisi yang sejak dulu dilaksanakan oleh masyarakat Kapetakan, dan ada juga yang sampai sekarang masih di lestarikan, untuk itu kami akan berupaya agar adat, tradisi dan kesenian yang ada bisa kembali hidup,” katanya.

Udin juga berharap mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kapetakan untuk bisa mewujudkan cita-cita nya tersebut.

“Tanpa dukungan masyarakat, saya juga tidak bisa berbuat banyak, untuk itu saya minta dukungan dari semua pihak agar bisa menunjukkan Kapetakan menjadi daerah tradisi,” tambahnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.