Tak Ada Sungai, Geger Kemunculan Buaya Lebih dari 1 Meter Berendam Lumpur di Lahan Padi

oleh -168 views
Petugas Damkar Bojonegoro saat mengevakuasi buaya. Dok Damkar

POLITIK-Kemunculan seekor buaya di persawahan dekat permukiman warga di Kabupaten Bojonegoro, Rabu (24/3/2021) menghebohkan warga. Buaya sepanjang lebih dari 1 meter itu ditemukan petani saat sedang menanam padi di Desa Jono, Kecamatan Temayang. Anehnya, tidak ada kali atau sungai di sekitar lokasi.

Dalam rekaman video amatir warga terlihat, seekor buaya sedang berendam lumpur di lahan padi yang baru ditanam. Posisinya diam tidak bergerak. Meski begitu warga ketakutan dan terpaksa memanggil petugas pemadam kebakaran untuk menangkapnya.

Baca: Kisah Perairan Indonesia Menyimpan Harta Karun, 640 Titik Kapal Karam, 463 Teridentifikasi, Termasuk Utara Jawa Cirebon

Buaya itu pertama kali diketahui oleh warga desa setempat saat sedang menanam padi. Saat itu warga melihat sesuatu yang cukup besar bergerak di kubangan lumpur. Mereka pun kaget, karena yang dilihat ternyata seekor buaya.

Belum diketahui asal buaya tersebut. Apakah merupakan buaya liar atau peliharaan warga setempat yang terlepas. Namun, di sekitar lokasi tidak ada sungai besar yang bisa menjadi tempat habitat buaya.

Petugas Pemadam Kebakaran yang melakukan evakuasi belum tahu dari mana buaya sepanjang 1,3 meter itu datang.

“Kalau lihat buayanya tadi itu diduga peliharaan orang. Tapi saat kita bertanya ke warga, nggak ada yang ngaku,” ujar Kabid Pemadaman Dan Keselamatan Dinas Damkar Bojonegoro Adi Winarto.

Menurut Adi, sungai yang biasanya jadi endemic buaya juga jauh dari lokasi persawahan. Adi mengatakan buaya tersebut oleh petugas PMK sempat dielus-elus. Buaya tu hanya diam saja dan tidak terlihat liar.

Setelah berhasil dievakuasi dari sawah, buaya itu langsung diikat dengan tali dan dilakban mulutnya untuk kemudian diangkut ke kantor PMK Bojonegoro. Dari kantor PMK, buaya diserahkan ke BKSDA Bojonegoro. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.