Prabowo Subianto: Operasi Kapal Selam, Bidang Pertahanan Paling Sulit dan Berbahaya

oleh -84 views
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menhan Prabowo Subianto (Youtube Puspen TNI)

POLITIK-Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan operasi kapal selam merupakan operasi di bidang pertahanan yang paling kompleks, sulit, dan berbahaya. Hal ini disampaikan Prabowo dalam konferensi pers bersama Panglima TNI, Kapolri dan Kasal terkait hilang kontaknya kapal selam KRI Nanggala 402 yang disiarkan akun Youtube Puspen TNI, Kamis (22/4/2021).

“Saya garisbawahi apalagi masalah operasi kapal selam ini. Ini salah satu di dunia adalah operasi ataupun suatu bidang peperangan yang kompleks, sulit, dan berbahaya,” kata Prabowo.

Untuk itu, kata Prabowo menjadi awak kapal selam membutuhkan kualifikasi tinggi. Tak hanya dari segi teknik, menjadi awak kapal selam juga mensyaratkan tingkat psikologi yang khusus apalagi dalam menghadapi situasi seperti yang dialami awak KRI Nanggala 402 saat ini.

“Tidak semua mampu di situasi seperti itu,” katanya.

Prabowo mengatakan, kecelakan kapal selam tidak hanya dialami Indonesia, tetapi banyak negara mengalami situasi serupa. Dicontohkan, Rusia mengalami situasi serupa beberapa tahun lalu. Terkait KRI Nanggala, Prabowo berharap seluruh awak kapal dapat ditemukan dan diselamatkan.

“Kita berharap berdoa mudah-mudahan bisa menemukan mereka. Oksigen masih cukup untuk beberapa hari. Kita optimistis yang terbaik,” katanya.

Prabowo mengatakan, tak hanya operasi kapal selam, setiap kegiatan pertahanan negara baik di udara, laut, dan darat menghadapi unsur bahaya yang sangat besar. Dalam kondisi normal, bahkan latihan atau patroli biasa saja bahaya tetap mengintai. Risiko tersebut telah dipahami oleh setiap prajurit TNI.

“Saya tadi katakan alat apa pun dalam pekerjaan pertahanan negara di tiga matra menghadapi unsur bahaya yang sangat besar. Jadi kemungkinan kecelakaan di darat, laut, udara itu adalah way of life daripada tentara. Risiko pekerjaan TNI, ya menghadapi bahaya setiap hari. Jangankan latihan perang, latihan biasa atau patroli biasa saja sudah mengandung bahaya. Ada kapal yang kena ombak sangat keras yang pecah di tengah laut. Ini bukan latihan, patroli biasa menghadapi ini matra semua ini mengandung bahaya,” kata Prabowo.

Untuk meminimalisir ancaman bahaya yang dihadapi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Prabowo bersama Panglima TNI dan jajarannya untuk memodernisasi dan meremajakan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dengan menyusun rencana induk pembangunan sistem pertahanan 25 tahun ke depan. Prabowo menargetkan rencana induk mengenai kemampuan total pertahanan Indonesia itu akan rampung dalam dua atau tiga pekan mendatang dan segera disampaikan kepasda Presiden Jokowi.

“Insyaallah dalam dua tiga minggu ini, kita bersama Panglima TNI dan Kepala Staf akan kita rampungkan dan sampaikan kepada bapak Presiden. Intinya memang kita akan investasi lebih besar tanpa mempengaruhi usaha pembangunan kesejahteraan. Kita sedang rumuskan pengelolaan pengadaan alutsista untuk lebih tertib, lebih efisien,” katanya.

Sebagai bagian dari peremajaan alutsista, Indonesia saat ini telah kedatangan tiga unit kapal selam hasil kerja sama dengan Korea Selatan. Saat ini ketiga kapal selam tersebut sedang dalam tahap uji coba. Sambil proses peremajaan itu berjalan, TNI, kata Prabowo akan memanfaatkan dan merawat alutsista yang ada untuk dipergunakan seefektif dan seefisien mungkin.

“Kita memang rencananya akan modernisasi dan kita adakan armada yang baru armada yang mutakhir dan ini sedang kita lakukan. Tapi sementara itu, alutsista yang ada harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Memang TNI dari dulu kita sebagaimana saya katakan tadi dari sejak dahulu, kita selalu mendahulukan kepentingan rakyat, kepentingan umum sehingga TNI selalu siap utk menghadapi keadaan dengan alat yang ada. Dirawat sebaik-baiknya dan digunakan dengan seefisien mungkin,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


  • Notice: Undefined offset: 0 in /home/radarcirebon.com/html/wp-includes/class-wp-query.php on line 3421

  • Notice: Undefined offset: 0 in /home/radarcirebon.com/html/wp-includes/class-wp-query.php on line 3421

  • Notice: Undefined offset: 0 in /home/radarcirebon.com/html/wp-includes/class-wp-query.php on line 3421

  • Notice: Undefined offset: 0 in /home/radarcirebon.com/html/wp-includes/class-wp-query.php on line 3421

No More Posts Available.

No more pages to load.