Prabowo-Sandi Masuk Kabinet Jokowi, Pengamat Politik Senior: Fenomena Ini Baru Ada Di Indonesia

oleh -613 views
Pengamat politik senior Siti Zuhro/Net
Pengamat politik senior Siti Zuhro/Net

JAKARTA-Pelantikan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) di Kabinet Jokowi merupakan catatan bersejarah bagi perpolitikan di Indonesia dan dunia.

Sebab, kata pengamat politik senior Siti Zuhro, masuknya Sandi telah menggenapi kehadiran rival Joko Widodo-Maruf Amin di Pilpres 2019 lalu dalam susunan kabinet.

Singkatnya, baru kali ini terjadi pasangan yang bertarung di pilpres bergabung dalam pemerintahan.

“Fenomena ini baru ada di Indonesia ya. Di Indonesia kita temukan suatu kejadian seperti ini,” ucap Siti Zuhro ketika berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (23/12).

Sebagai pengamat politik, Siti Zuhro juga masih sulit memahami apa yang terjadi. Pasalnya, dalam kontestasi Pilpres 2019 lalu persaingan terjadi sangat sengit. Bahkan polarisasi di tengah masyarakat terjadi.

Baca Juga: Tidak Mengagetkan, Sandiaga Uno Jadi Menparekraf

Bahkan Prabowo dan Sandi bersama Partai Gerindra sebagai lawan pasangan Jokowi-Maruf sempat diprediksi akan menjadi pemimpin oposisi. Namun nyatanya, semua itu kini bergabung dalam lingkar pemerintahan.

“Ini pilihan yang bersangkutan (Sandiaga) dari tadinya berkompetensi kontestasi lalu sampai berdarah-darah ternyata bersatu padu. Apapun, motivasi, latar belakang, argumentasi, faktor yang mendorong itu pilihan berkoalisi,” katanya.

Lebih lanjut, Siti Zuhro menilai kekagetan masyarakat, terutama pemilih Prabowo-Sandiaga Uno, dengan masuknya keduanya dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju ini akan mempengaruhi simpatisan mereka. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.