Pidato Anies Baswedan Durasi 2 Menit Dapat Respons Positif Sekjen PBB, Bayangkan Kalau 4 Menit

oleh -1 views
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Facebook/Anies Baswedan)

POLITIK-Pujian ini datang saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti forum dialog bersama Sekjen PBB Antonio Gutteres dan pimpinan C40 Cities, yang digelar secara daring, Jumat (16/4/2021).

Saat itu Anies diberi kesempatan oleh moderator dialog David Miller untuk berpidato selama dua menit terkait perubahan iklim dan usulannya untuk mengurangi emisi karbon.

Dalam pidatonya, Anies menyebut, pemerintah setiap kota memiliki tugas untuk menyediakan lingkungan tempat tinggal yang layak huni bagi warganya.

Menurutnya, hal tersebut termasuk dengan mengatasi dampak perubahan iklim, dengan berupaya mengurangi emisi karbon suatu kota.

Oleh karena itu ada tiga usulan dari Anies kepada PBB yang disampaikan dalam forum itu.

Pertama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota.

Anies mengatakan, hal itu perlu dihitung sebagai bagian dari sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim.

Kedua, PBB juga perlu secara organisasional mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horisontal pada tingkat aksi serta kebijakan.

Serta usulan yang terakhir adalah dalam rangka menuju COP 26, PBB perlu mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif, untuk dieksekusi pada level lokal.

Begitu Anies selesai berbicara, Sekjen PBB langsung interupsi dan memberikan respon positif.

“Kalau boleh saya interupsi, kami sepenuhnya mendukung usulan Anda dan siap melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB dari berbagai negara untuk sepenuhnya melalui advokasi dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang Anda usulkan kepada kami,” kata Gutteres.

Mendengar respon positif Sekjen PBB, moderator David Miller yang juga Director of International Diplomacy for C40 Cities, memuji usulan Anies.

“Gubernur Baswedan, Anda berhasil mempengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit. Bayangkan apabila Anda mendapatkan waktu empat menit,” kata Miller.

Berikut pidato selengkapnya Anies Baswedan dan respon dari Sekjen PBB serta moderator forum:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.