Media Barat Diam Soal Pembuangan Limbah Air Radioaktif Fukushima, Bagaimana Jika China yang Buang Limbah Nuklir?

oleh -37 views
Rencana Pengenceran Air Limbah Radioaktif Fukushima/Net

POLITIK-Keputusan Jepang untuk membuang limbah air radioaktif dari Fukushima ke laut telah mendapat sorotan tajam dan penentangan dari dalam dan luar negeri. Namun, netizen China mengaku heran dengan pemberitaan yang relatif tidak terdengar di media arus utama Barat terkait masalah tersebut.

The New York Times misalnya, mereka hanya menerbitkan satu artikel tentang itu yang mengungkapkan kekhawatiran yang relatif sedikit, sementara The Washington Post menekankan bahwa Jepang akan melepaskan air limbah ‘setelah perawatan’, sebuah upaya nyata, untuk membenarkan keputusan Jepang, kata netizen.

“Amerika Serikat memberikan dukungannya pada keputusan Jepang tetapi China dan Korea Selatan tidak senang,” kata laporan itu.

Topik ‘media Barat hampir diam pada masalah ini’ menjadi trending di platform media sosial China, Sina Weibo, dan telah dilihat 74,8 juta kali. Ada juga pertanyaan yang beredar luas di media sosial China pada hari Selasa: “Bagaimana jika China yang membuang limbah nuklir ke laut? Apa yang akan dilakukan media Barat?”

“Media arus utama Barat sering memiliki pendapat kritis dalam laporan tentang urusan internasional tetapi cakar disingkirkan meskipun keputusan Jepang tampaknya mengabaikan kepentingan manusia yang lebih luas,” kata netizen, seperti dikutip dari Global Times, Rabu (14/4).

“Anda terus menuding masalah Xinjiang, menyebarkan desas-desus tentang kapas Xinjiang, tetapi Anda kehilangan suara karena polusi yang mempengaruhi semua umat manusia,” kata seorang netizen, mencatat bahwa contoh ini harus “selamanya dipaku di aula rasa malu hati nurani manusia!”

Banyak yang mencatat bahwa LSM Barat yang berdedikasi untuk hak asasi manusia atau perlindungan lingkungan, yang telah lama menargetkan China, tetap diam atas masalah air Fukushima.

“Setelah Washington mendukung Tokyo dalam pembuangan air Fukushima, negara Barat mana yang berani menyatakan keberatan? Tidak ada!” kata seorang netizen.

Beberapa netizen juga mengejek aktivis lingkungan Swedia Greta Thunberg, dengan mengatakan “di mana ‘duta perlindungan lingkungan’? Mengapa dia begitu diam tentang masalah ini?”

Faktanya, Thunberg pada hari Selasa hanya meneruskan berita pembuangan air Fukushima dan me-retweet keputusan tersebut tanpa komentar, seperti kebanyakan media Barat, berbeda dengan citra publiknya yang sangat tajam dalam masalah perlindungan lingkungan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.