Masih Nyangkut di Terusan Suez, MV Ever Given Panjang 400 Meter Bobot 200 Ribu Ton, Pemilknya Minta Maaf

oleh -10.141 views
MV Ever Given

POLITIK-Pemilik kapal kargo raksasa MV Ever Given menyampaikan permintaan maaf karena kapalnya yang terjebak di Terusan Suez mengganggu lalu lintas banyak kapal lain.


Shoei Kisen Kaisha merupakan perusahaan penyewaan kapal asal Jepang yang memiliki MV Ever Given. Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di situs resminya pada Kamis (25/3), perusahaan itu menyampaikan permintaan maaf.

Baca: Ada 120 Titik Lokasi Harta Karun di Perairan Laut Cirebon, Sebagian Besar Kapal Karam China

“Situasinya sangat sulit. Kami dengan tulus meminta maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran besar bagi kapal-kapal di Terusan Suez dan mereka yang berencana melewati kanal,” ujar Shoei Kisen Kaisha.

Perusahaan mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan penyedia layanan Benhard Schulte Shipmanagement untuk menangani situasi saat ini.

Otoritas Terusan Suez sebelumnya mengungkap, kapal sepanjang 400 meter itu kemungkinan dapat kembali berlayar dalam beberapa pekan. Lantaran bobotnya yang berat, yaitu mencapai 200 ribu ton.

Perusahaan Belanda yang ikut dalam upaya pembebasan MV Ever Given, Smith Salvage juga menyampaikan hal yang sama. Namun sang CEO, Boskalis Peter Berdowski mengatakan ada beberapa opsi yang dapat digunakan untuk membebaskan kapal.

Berdowski menggambarkan MV Ever Given sebagai paus yang sangat berat di pantai dengan 20 ribu kontainer di dalamnya.

Untuk itu, ia mengusulkan untuk memindahkan beberapa kontainer agar kapal bisa mengapung kembali di air.

“Tapi semakin aman kapalnya, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk operasi. Bisa memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu. Juga pertimbangkan untuk membawa semua peralatan yang kami butuhkan, itu tidak akan terjadi,” ujarnya.

Kapal MV Ever Given sendiri kandas karena cuaca buruk selama berhari-hari. Saat ini, angka terbaru dari pejabat menyatakan bahwa sekitar 156 kapal sedang menunggu di Terusan Suez untuk lewat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.