Langganan Masuk Kabinet, Muhammad Lutfi Kembali Jadi Mendag

oleh -1 views
Foto: M Lutfi (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA-Kursi Menteri Perdagangan (Mendag) dilakukan pergantian alias reshuffle oleh Presiden Joko Widodo.

Kepala Negara mengumumkan, jabatan Mendag yang selama kurun waktu setahun terakhir di duduki oleh Agus Suparmanto bergeser ke sosok Muhammad Lutfi.

Sebelum mengumumkan pengganti Agus Suparmanto, Jokowi menyebutkan deret pengalaman Muhammad Lutfi di dalam pemerintahan. Termasuk, dia juga sudah malang melintang di ranah internasional.

Saat usianya 29 tahun, Lutfi dipercaya untuk menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia untuk Jakarta Yang Lebih Baik (HIPMI JAYA) periode 1998-2001. Selama periode 2001-2004, Lutfi menjadi Ketua Nasional HIPMI.

Mengantongi gelar sarjana di bidang Economics dari Purdue University, Amerika Serikat, Lutfi ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk masuk ke dalam Kabinet Indonesia Bersatu pada 2005.

Posisi yang ditempati Lutfi di kabinet tersebut sebagai Kepala BKPM. Saat itu usianya masih 36 tahun dan Lutfi tercatat sebagai Kepala BKPM termuda di Indonesia.

Saat memimpin BKPM, Lutfi dinilai berhasil membawa Indonesia masuk dalam 25 Daftar Teratas Tempat Tujuan Investasi versi AT Kearney pada edisi nomor 21. Di bawah kendali Lutfi, Indonesia juga diakui oleh Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) sebagai salah satu negara berkembang terbaik.

Di BKPM, Lutfi telah memperkenalkan aspek keterbukaan penuh dan memprakarsai pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), yang saat ini menjadi sumber daya tarik bagi para investor asing.

Pada 2008, Lutfi mendapat penghargaan sebagai Pemimpin Muda yang Berpengaruh oleh The World Economic Forum’s Young Global Leaders. Ia juga menerima penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana, yaitu salah satu penghargaan tertinggi di Indonesia yang diberikan untuk anggota masyarakat sipil.

Lutfi dilantik sebagai Menteri Perdagangan pada 14 Februari 2014 menggantikan Gita Wirjawan, dan berakhir masa jabatannya pada Oktober 2014. 

“Yang terakhir Bapak Muhammad Luthfi. Beliau sebelumnya di Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), di Kemendag, kemudian Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan terakhir Duta Besar Indonesai untuk Amerika Serikat,” ujar Jokowi dalam jumpa pers di Teras Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/12). 

“Dan sekarang, akan kita berikan tugas untuk memimpin kementerian perdagangan,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengumumkan 5 nama lain yang menggantikan posisi sejumlah menteri.

Di antaranya, Kementerian Sosial, Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Kelautan dan Perikanan.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.