Kapolri Terbitkan Telegram, Perketat Pengawasan Seluruh Tempat Wisata Selama Liburan Lebaran

oleh -19 views
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

POLITIK-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajarannya untuk memetakan dan memperketat pengawasan di seluruh tempat wisata yang tetap beroperasi selama libur lebaran 2021

Perintah tersebut tertuang dalam surat telegram rahasia (STR) dengan nomor STR/336/IV/PAM.3.2./2021 tertanggal 30 April 2021.

Baca: Kapolri Terbitkan Surat Telegram Soal Arahan dan Petunjuk Peliputan, Media Dilarang Menyiarkan Arogansi Polisi Hingga Olah TKP

“Melakukan pengamanan dan memperketat pengawasan, penerapan potokol kesehatan di destinasi wisata yang menerima wisatawan saat libur Lebaran,” ucap Listyo Sigit dalam telegram, Selasa, 4 Mei.

Hal ini dilakukan bertujuan mencegah munculnya klaster baru penyebaran COVID-19. Terlebih, animo masyarakat diprediksi akan tinggi untuk mengunjungi tempat wisata. Sebab, pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik.

“Meskipun telah dikeluarkan kebijakan larangan mudik untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, masyarakat dapat berwisata, namun hanya di objek wisata dalam kota saja, hal itu menjadi kontradiktif di mana tradisi/budaya dan animo masyarakat masih cukup tinggi untuk mengunjungi lokasi wisata sebagai sarana hiburan lebaran dan memungkinkan adanya klaster baru dalam penyebaran COVID-19,” papar Sigit.


Selain itu, Kapolri juga memerintahkan untuk berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 untuk melakukan swab tes antigen kepada pera pengunjung tempat wisata.

Bahkan, seluruh jajaran Polri juga diperintahkan untuk bertindak tegas apabila ditemukan pelanggaran aturan penerapan protokol kesehatan.

“Melakukan tindakan tegas sesuai Undang-Undang dan peraturan yang berlaku lainnya jika terdapat pelanggaran dalam penyelenggaraan wisata,” kata Sigit

Sementara bagi tempat wisata yang masuk zona merah, kata Sigit, diminta untuk tidak beroparasi. Sehingga, penyebaran COVID-19 bisa diminimalisir. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *