Gempa Malang Bikin Warga di Surabaya Berhamburan, Guncangan hingga Bali

oleh -76 views

POLITIK-Warga di sejumlah lokasi di Surabaya, Jawa Timur, berhamburan keluar rumah karena guncangan gempa Malang. Gempa ini berkekuatan 6,7 magnitudo.

Gempa itu dirasakan hampir merata di wilayah Surabaya ini. Akibatnya, warga yang sedang berada di dalam rumah berhamburan keluar.

Misalnya warga Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Qurratun Aini, 27, mengaku kaget saat gempa terjadi. Ia pun tak berfikir panjang, dan langsung bergegas keluar rumah.

“Gempanya terasa banget, saya kaget dan langsung ke luar rumah bawa anak,” kata Aini.

Sementara itu, warga Kebraon, Kecamatan Karangpilang, Surabaya, Faizal Falakki, menyebut jika gempa bumi getarannya cukup keras dirasakan. Akibat getaran itu, dia akhirnya memilih segera keluar rumah.

“Langsung keluar rumah pas kerasa gempa. Getarannya lumayan keras terasa, kebetulan tadi mau tidur siang,” kata Ical, sapaan akrabnya.

Hal yang sama juga dirasakan warga Kutisari Selatan, Kelurahan Kutisari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Achmad Faizal, yang menyebut gempa terjadi pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIB. Getaran gempanya dirasakan sangat kuat.

“Gempanya terasa kuat, tapi hanya sebentar. Saya langsung keluar rumah. Tetangga juga pada keluar rumah,” kata Faiza.

Gempa Malang juga terasa  getarannya hingga ke Bali. Gempa dilaporkan berkekuatan magnitudo 6,7.

Kepala Pelaksana BPBD Bali Made Rentin mengatakan gempa gempa dengan kekuatan 6,7 SR terjadi di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, Gempa tidak beropetensi tsunami. 

“Hampir semua wilayah di Bali merasakan getaran gempa. Laporan sementara via radio komunikasi (HT), tidak ada korban dan kerugian serta kerusakan yang terjadi akibat gempa ini,” ujar Rentin.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) sebelumnya melaporkan gempa tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Titik koordinat gempa terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur. Gempa dirasakan kuat warga. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *