Ekonom Senior: Menteri Sebaiknya Bukan Tokoh atau Wakil Partai

oleh -43 views
Prof. Dr. Emil Salim

JAKARTA – Ekonom senior Emil Salim memberikan pendapatnya terkait sosok menteri yang ideal bagi kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pandangan tersebut dilontarkan eks Menteri Negara bidang Penyempurnaan dan Pembersihan Aparatur Negara RI itu di tengah menguatnya isu perombakan kabinet atau reshuffle kabinet Jokowi-Ma’ruf. 

Melalui akun Twitter pribadinya, @emilsalim2010, Selasa (22/12), Emil Salim menilai sosok yang tepat menjadi menteri di kabinet seharusnya mencerminkan tokoh kepercayaan Presiden Jokowi. Menurutnya, menteri sebaiknya bukan tokoh atau wakil partai tanpa nilai tambah yang berbobot.

“Personalitas Menteri yg dipilih dlm Kabinet-Presidensial sekarang ini, seyogianya mencerminkan tokoh2 yg dipercayai Presiden membantunya agar berhasil mengemban tugas Pres-Wapres hingga 2024, dan bukan tokoh2-wakil partai tanpa nilai tambah yg berbobot,” tulisnya melalui akun media sosial tersebut.

Isu perombakan kabinet atau reshuffle kabinet kian santer menjelang pergantian tahun seiring dengan adanya dua pembantu Presiden Jokowi yang terlibat kasus hukum dan harus berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dua posisi menteri yang kosong saat ini ialah Menteri Sosial yang sebelumnya dijabat oleh Juliari P. Batubara, serta Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang sebelumnya dijabar Edhy Prabowo.

Selain mencari dua calon menteri baru untuk mengisi kekosongan tersebut, Presiden Jokowi juga dikabarkan akan mengganti posisi menteri yang kinerjanya dinilai kurang memuaskan dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Salah satu Menteri yang kinerjanya cukup disorot publik ialah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Bahkan, muncul petisi yang dibuat Koalisi untuk Indonesia Bebas Covid-19 kepada Presiden Jokowi untuk mencopot Menkes Terawan yang dinilai gagal melakukan penanganan Covid-19.

Kencangnya dorongan publik terhadap pencopotan Menkes ini kemudian memunculkan nama-nama yang diproyeksikan menggantikan posisi Terawan sebagai Menkes. Salah satu yang santer beredar ialah nama Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.