2 Oknum Polri Penembak Laskar FPI Jadi Tersangka Bakal Disidang

oleh -5 views
Rekonstruksi penembakan 6 anggota Laskar FPI. (Issak Ramdhani/Fajar Indonesia Network)

POLITIK-Dua oknum Polri yang jadi tersangka dalam kasus penembakan empat laskar Front Pembela Islam (FPI) di tol Cikampek akan segera dibawa ke meja hijau.

“Hari Senin 26 April 2021 pukul 13.00 WIB, penyidik Dittipidum Bareskrim Polri telah melaksanakan tahapan penyidikan yaitu penyerahan berkas perkara kasus KM 50, kasus meninggalnya empat orang laskar FPI yang diduga dilakukan oleh (oknum polisi) saudara F dan Y,” kata Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Selasa (27/4/2021).

Jaksa akan mengkaji apakah berkas itu telah memenuhi syarat atau harus diperbaiki terlebih dahulu. Jika sudah menenuhi syarat atau P-21 maka kedua oknum itu akan diadili sedangkan jika berkas belum lengkap maka akan dilengkapi lebih dulu.

Kedua tersangka dijerat dengan Pasal 338 KUHP junto Pasal 56 KUHP tentang pembunuhan dan dengan sengaja turut serta dalam membantu tindak kejahatan.

Namun F (yang menembak) dan Y (yang mengemudikan mobil) masih belum ditahan. Yang bersangkutan juga masih hadir berdinas di Polda Metro tetapi tidak bertugas.

“Alasannya yang bersangkutan (tidak ditahan) karena kooperatif. Yang bersangkutan tidak dikhawatirkan melarikan diri dan yang bersangkutan tidak dikhawatirkan untuk menghilangkan barang bukti,” sambungnya.

Sedangkan tersangka lainnya atas nama Ipda Elwira Priyadi Zendrato —berdasarkan Pasal 109 KUHAP—karena yang bersangkutan meninggal dunia maka penyidikan terhadapnya dihentikan.

Seperti diberitakan ada tiga tersangka dalam kasus ini. Namun Ipda Elwira Priyadi Zendrato telah tewas karena kecelakaan pada 3 Januari 2021 lalu.

Status kasus penembakan laskar FPI ini memang telah dinaikkan menjadi penyidikan dan sejalan dengan rekomendasi Komnas HAM. Polri menjamin akan menyelesaikan perkara ini secara profesional transparan dan akuntabel.

Ketiga oknum penyidik Polda Metro Jaya itu diduga kuat membunuh 4–dari 6–anggota laskar FPI yang awalnya ditangkap dalam keadaan hidup. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.